Informatif

*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Senin, 20 Januari 2014

Inovasi dan Improvisasi

Ide bisnis bisa timbul oleh keinginan untuk berinovasi membuat suatu terobosan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sebagai contoh adalah ide bisnis untuk meproduksi air minum dalam kemasan berbentuk botol plastik. Ketika pertama kali diciptakan pada awal tahun 80an, ide tersebut dipandang aneh. Sebab, menjual air putih dalam sebuah botol plastik, belumlah menjadi sesuatu yang lazim kala itu, apalagi boleh dikatakan pada umumnya yang namanya air putih mudah didapat pada saat itu.

Namun pada saat ini ide yang muncul pada tahun 80an itu begitu berpengaruh dalam banyak hal, telah menciptakan suatu situasi dan kondisi baru. Demikian banyak orang yang berlomba membuat produk air minum dalam kemasan. Begitu banyak telah menciptakan peluang usaha bagi para pemain baru, depot air minum galonan, depot isi ulang dan tidak ketinggalan transportasi dari sumber air di pegunungan ke depot-depot galonan dst.

Fiuh! Dan ranah kewirausahaan adalah muara jagad ide yang tidak akan pernah bertepi. Ide bisnis bisa didapat di mana saja di lingkungan sekitar hidup kita. Dimulai dari aktivitas pagi hari sampai petang, nyaris semua kegiatan kita dipenuhi beragam muatan informasi ide bisnis. Jika kita jeli, sedikit bersedia meluangkan waktu untuk mengamatinya secara seksama berbagai informasi itu bisa menjadi peluang ekonomi. Barangkali banyak pencetus ide yang tidak pernah menduga jika ide mereka telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang untuk terus berimprovisasi dalam menciptakan peluang bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar